Dorama Jepang Sekolah

27 Dec

Halo semuanya sebelumnya dah pernah dipost tentang  cerita drama sekolah buatan korea nah kali ini  mau share beberapa dorama jepang tentang anak sekolah yg bagus buat ditonton selain menyajikan cerita yg unik dan serta dibumbui  komedi kelebihan dorama Jepang lain adalah selalu ada pesan moralnya dibalik ceritanya ditambah para pemainnya yg pada kawai *kapan ya sinet indo bisa bikin film mendidik dan gak slalu pamer harta contohnya aja masa ank SMA bawa mobil ke sekolah kan g mendidik banget ckckckc*:

1. Gokusen

Dorama Gokusen diangkat dari manga Jepang yang berjudul sama. Dorama Gokusen menceritakan tentang perjuangan keras seorang guru yang bernama Yamaguchi Kumiko agar siswa-siswanya bisa lulus dari bangku SMU. Kumiko adalah gadis yatim piatu yang sejak kecil dirawat oleh seorang kakek yang keturunan Yakuza (mafia Jepang), sehingga Kumiko adalah keturunan Yakuza. Kumiko adalah calon ketua dari generasi keempat, tetapi Kumiko menolaknya. Kumiko sudah bertekad ingin menjadi seorang guru yang baik 🙂. Walaupun ke-4 pelayan setianya ingin sekali Kumiko menjadi ketua, tetapi pelayannya tetap mendukung cita-cita Kumiko, termasuk kakeknya, orang yang sangat mendukung cita-cita Kumiko.

Gokusen 1

Gokusen 2

Gokusen 3

Gokusen The Movie

Komentar: “Gokusen ini ada 4 seri dan gua suka semuanya apalagi ngeliat Bu Yamaguchi yang selalu pake trening tiap ngajar bikin ngakak ditambah punya murid yg pada sableng semua wkwkwkw. Dan kelebihan Dorama Jepang pasti selalu ada pesan buat yg nontonya”.

2. Dragon Zakura

Dorama ini bercerita tentang SMU Ryuzan, yang dikenal sebagai SMU bodoh karena semua yang bersekolah di sana adalah murid yang paling bodoh di negeri itu. Nilai rata-rata murid di sekolah itu adalah 36. Mereka sekolah atau apa?? (^-^;) Tapi sebetulnya, murid-murid di sekolah itu bodoh karena cara mengajar guru-gurunya yang tidak efektif dan “niat ga niat”. Setelah kematian direkturnya, SMU Ryuzan dipimpin oleh istri direktur yang tidak bisa memimpin sehingga menyebabkan SMU itu berada diambang kebangkrutan. Para guru di SMU itu tidak peduli pada murid-muridnya dan hanya mementingkan diri mereka sendiri, apakah mereka akan menjadi pengangguran setelah SMU itu bangkrut. Ino Mamako adalah satu-satunya guru yang mengkhawatirkan nasib para muridnya.

Komentar : Dan dorama sempat dibuat juga sama korea dengan judul God of study dan gua suka ke2nya tp kalo suruh milih gua lebih suka yg versi jepang karena ceritanya lebih ringkas dan alurnya lebih cepet.

Jepang

+nya Cerita Lebih fokus dan lebih realistis

+nya karakter tokohnya lebih kuat gak ada perubahan karakter sesuai dengan yg ada di komiknya

+nya kostumnya sesuai banget sama keadaan sekolahnya yg emang jadi peringkat terbawah

+nya pemainnya  Yamapi sama Koike Teipei cocok banget jd anak sekolah yg bandel

+nya episodnya lebih ringkas g sebanyak yg korea

-nya ostnya kurang banyak hahaha

Korea

+nya ostnya banyak enak2 pula

-nya karakter tokohnya gak sekuat jepang

-nya terlalu banyak bumbu cinta jadi ceritanya gak fokus

3. Proposal Daisakusen

Ken Iwase (Tomohisa Yamashita) adalah pemuda tampan, namun tidak bisa mengungkapkan perasaan hatinya. Walaupun menyukai Rei Yoshida (Masami Nagasawa) dan keduanya sering bersama-sama sejak masih kecil, Ken tidak pernah sekali pun menyatakan cintanya pada Rei. Waktu terus berjalan hingga akhirnya Ken diundang menghadiri resepsi pernikahan Rei dengan Tada (Naohito Fujiki). Pertunjukan slide di layar menceritakan kisah pertemuan kedua mempelai yang berakhir dengan pernikahan. Ken memandang ke layar, menyaksikan foto masa-masa indahnya bersama Rei diproyeksikan ke layar satu per satu. “Kalau saja aku bisa mengungkapkan perasaan di hatiku, aku mungkin bisa menikah dengan Rei..,” ujar Ken menyesali nasibnya. Tiba-tiba muncul peri berpakaian ala pria Inggris (Hiroshi Mikami) yang bisa mengabulkan permintaan Ken asalkan diberi ebi furai (udang goreng berbalut tepung panir). Kata ajaibnya adalah “Haleluya, Chance,” dan Ken bisa kembali ke masa lalu melalui perjalanan waktu untuk mengubah nasibnya dengan mengubah masa lalu dan melamar Rei. Dimulai dari masa SMA hingga di bangku kuliah, episode demi episode penuh perjuangan dilewati Ken demi Rei.

Komentar : Dan Dorama ini juga pernah diremake sama korea dengan judul Proposal Operation dan gua lebih milih versi jepangnya karena ceritanya sama kaya dikomiknya dan kenapa ya kalo remake dari dorama jepang drama korea kurang dapet feelnya ~kekeke  tp setelah gua perhatikan ini kenapa Yoo Seung Hoo main didrama yg dibuat remake dari doramanya Yamashita Tomohisa atau cuma kebetulan aja yee *

Jepang

+nya Cerita Lebih fokus seriusnya ada lucunya juga ada

+nya karakter tokohnya lebih kuat tokoh utama yg jadi Rei lebih ceria kalo yg korea terlalu melow

+nya pemainnya cocok dan pas meranin karakternya

+nya episodnya lebih ringkas g sebanyak yg korea

-nya ostnya dikit

Korea

+nya apa ya kayanya gak ada *kejam.com

-nya karakter tokohnya gak sekuat jepang terlalu dirombak

-nya endingnya terlalu lebay menurut gua hahaha

-nya alunya lambat jadi gak greget kaya yg jepang *bikin ngantuk

4. Scrap Teacher

Scrap Teacher adalah sebuah drama jepang yang dirilis tahun 2008 yang bergenre sekolah, berkisah tentang sebuah sekolah diambang kehancuran.

Sampai tiba suatu masa, sekolah itu kedatangan seorang guru baru dan tiga siswa pindahan yang misterius. Sekolah itu terancam ditutup , kepala sekolah dan para guru tidak ada yang perduli dengan hal ini, mereka lebih mementingkan kepentingan diri mereka sendiri, kecuali guru baru itu, Sugi sensei.

Belakangan karena semangat dan optimism Sugi sensei, dua guru lainnya, Takuza dan Taki, Nn Taki adalah seorang guru paruh waktu yang digaji perjam, ia belum bia menjadi guru karena belum mempunyai kualifikasi sebagai seorang guru.

Perjuangan Sugi sensei dalam mempertahankan sekolah yang hampir punah(anggap saja begitu he he ) itu sangatlah sulit, terjal dan berliku. Kebanyakan rekan-rekan gurunya tidak mendukung, terlebih Matsue sensei, seorang guru yang tidak memperhatikan perasaan orang lain(gak berperasaan koq jadi guru???) karena insiden bunuh diri yang dilakukan ayahnya yang juga seorang guru.

Dalam menjalankan misinya, sugi sensei selalu dibantu oleh ketiga siswa pindahan yang misterius itu, Takasugi, Irie dan Yoshida. Pada awal-awal, karena banyaknya halangan dalam menjalankan misinya ia hamper menyerah, untung ada trio misterius , mereka “menghajar” sugi sensei dengan sangat keras, dan itu berhasil buat memompa semangat sugi sensei yang udah mulai kendor.

Sugi sensei menjadi wali kelas 2B, trio misterius juga ada didalamnya.

Sejak isu penutupan merebak, siswa menjadi lebih acuh dan suka-suka daripada sebelumnya, sekolah yang rusak, sampah dimana mana tak ada yang menghiraukan, bahkan mereka tak lagi mempercayai para guru, mereka selalu ribut saat jam pelajaran.

Komentar :” Doramanya keren dan bagus buat ditonton banyak pesannya juga😀 apalagi ngeliat para personil Hey Say Jump yg masih pada kawai tp ampe sekarang emamng msh pada kawai”.

5. Hanazakarino Kimitachi

Ashiya Mizuki adalah seorang gadis jepang yang tinggal di Amerika dan sangat mengidolakan atlit lompat tinggi bernama Sano Izumi. Tetapi pada suatu hari Ashiya mendengar bahwa Sano berhenti melompat. Ashiya sedih dan mencari tahu penyebabnya hingga dia memohon ayahnya untuk memperbolehkannya pindah sekolah ke Jepang.

Ashiya berencana untuk pindah ke sekolah tempat Sano belajar, yang mana sekolah ini diperkhususkan untuk laki-laki. Terpaksa Ashiya harus mengubah penampilannya untuk menyamar sebagai laki-laki agar diterima di Sekolah tersebut :mrgreen:. Sekolah ini terdiri dari 3 asrama yaitu asrama pertama adalah peminat karate, asrama kedua adalah pecinta olahraga dan asrama ketiga adalah pencipta seni. Ashiyah harus memilih dimana ia harus tinggal. Tetapi karena semua orang mengetahui kalau Ashiyah mempunyai bakat lari yang cepat, Para Ketua Asrama mengejar dan membujuk Ashiyah agar mau masuk Asramanya.

Komentar : 3 Kata buat dorama ini konyol bin lebayyy  buahahahaha tapi selain ceritanya yang konyol tetep ada pesannya nih film hahaha yg paling gua suka adalah karakternya ikuta toma bikin ngakak apalagi kalo udah ngomong sendiri *kalo dipkir-pikir disini karakternya kaga ada yg normal* dan saking populernya dibuat remake juga sama korea dan taiwan dan kalo disuruh pilih gua pilih yang jepangnya ~kekekek.

Jepang
+nya Adegannya komik banget!
+aaakkkkkk >< Ada Ikuta Toma selain ituuu disini musuhnya Sano itu gx sejahat seperti di yang versi Taiwan
+nya Mengajarkan bahwa “white lie” itu boleh untuk kebaikan orang lain
+nya Full of friendship!🙂
+nya semua asrama 1, 2, dan 3 diceritakan dengan jelas
-nya Sanonya kurang ganteng wkwkwk lebih ganteng yg korea sama c minhoo tp gua lebih suka karakternya di versi jepang
 
Taiwan
+nya Adegannya sesuai dengan realita terkadang komikal juga
+nya para pemain bermain dengan cukup baik
-ceritanya ngegantung -_-
-nya yang jadi Nakatsu atau Xiu Yi (Jiro Wang) kurang somplak!!! haha..
 
Korea
+Setting sekolahnya kerennnn
-ceritanya kurang konyol kaya versi Jepun jadi terlalu serius ceritanya *terlalu banyak perubahan
-karakter tokohnya rombak abis tapi gua paling suka karakter Lee Hyun woo aja meski gak sesomplak Ikuta Toma hahaha

6. Sorry to Youth

Heisuke Hara (Ryo Nishikido) bekerja sebagai guru SMA laki-laki di Prefektur Shizuoka. 15 tahun yang lalu ia mengalami kecelakaan malang yang membuat hidupnya gila. Dia telah menjadi terobsesi dengan kampung halamannya dan sekolah di mana ia lulus. Karena penurunan pendaftaran di SMA laki-laki di mana Heisuke Hara bekerja, rencana sekolah untuk bergabung dengan SMA perempuan tahun.

Komentar : “Dramanya bagus ciri khas jepang banget lucu juga liat para staff sekolahnya yg pada so alim tp nyatanya  -___- konyol ini yg gua suka dari drama jepang meski komedi tetep selalu ada pesannya”.

7. Hana Yori Dango

Drama ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama, nah ini versi original dari Meteor Garden sama Boys Before Flower. Hana Yori Dango menceritakan seorang gadis jepang yang dari keluarga sederhana namanya Makino Tsukusi (Inoue Mao) jujur dari semua versi drama ini tsukusi yag paling kawaii ^^, nah dia masuk ke SMA super elit di jepang yaitu Eitoku Gakuen. Bisa dibayangin gimana glamornya anak-anak yang sekolah disana, barang-barang serba branded, dianter-jemput pake limosin (ini memang agak berlebihan ya), belum lagi anak-anak itu pada sombong-sombong dan memang yang paling menyebalkan adalah anggota F4.

Dan  saking populernya ini dorama dibuat juga sama Taiwan,korea sama cina dan dari ke3nya gua palin suka yg korea dan jepangnya ~kekekeke

Jepang
+nya Adegannya komik banget!
+nya karakternya pas sesuai sama komiknya
+nya episodenya ringkas dan padat
+nya ostnya enak2
+nya settingnya ok dan bagus
-nya kayanya gak yeh mungkin tokohnya g secakep yg korea tp karkternya lebih kuat😀
Korea
+nya ostnya enak2
+nya settingnya ok dan bagus
+nya karakternya g mirip yg di komik karena udah disesuain sama korea sendiri tp tetep bagus meski pemain utama Jandi pas diakhir cerita jadi melow *ciri khas film korea
+nya alur ceritanya perpaduan antara yg jepang sama yg taiwan
+nya pemainnya kawai semua
-nya kayanya gak ada ya tapi kalo diliat dari segi karakter kurang kuat g mirip sama yg di komik
Taiwan
berhubung dulu ini drama boming banget karena mungkin yg pertama kali jadi gua mau bahas kekurangannya
-nya settingnya biasa banget ama propertynya mungkin karena dulu yah
-nya ceritanya mirip sinetron indo pake lupa ingatan segala *gubrak

7. Itazura na Kiss

Aihara Kotoko adalah seorang murid yang tidak terlalu pintar yang berada di kelas F sementara Irie Naoki murid tercerdas di sekolah yang berada di kelas A. Pada suatu hari terjadi kecelakan di koridor sekolah dan mengakibatkan Naoki dan Kotoko jadi berciuman tanpa disengaja. Setelah kejadian itu Kotoko jadi menyukai Naoki, tapi tidak dengan Naoki yang sangat membenci wanita bodoh apalagi dari kelas F. Takdir mempertemukan mereka kembali dengan tinggal seatap, hal ini dikarekan rumah Kotoko kebakaran dan ternyata orang tua Naoki merupakan teman laman orang tua Kotoko meminta mereka untuk tinggal sementara, setidaknya sampai menemukan rumah baru. Setiap hari bertemu, berangkat sekolah bersama, membuat Naoki jadi punya perasaan terhadap Kotoko.

Komentar : Dan lagi lagi saking populernya ini dorama dibuat juga sama Taiwan dan korea dan dari ke3nya gua palin suka yg jepangnya ~kekekeke (sekarangpun dibuat lagi sama jepang tapi gua lebih suka yg versi tahun 1996 meski jadul tp ceritanya dapet bgt)
Jepang
+nya Adegannya komik banget!
+nya karakternya pas yg jadi naoki super jutek banget yg jadi kotoko super oonnya pas banget
+nya episodenya ringkas dan padat
-nya
 
Taiwan

Berhubung kurang suka drama Taiwan jadi gua gak tau tapi kalo drama taiwan agak mirip2 sinet Indo coz episnya buanyakkkk

Korea

+nya ostnya enak2
-nya seperti biasa yg korea terlalu banyak ditambah2hin jadi gua kurang suka kaya perubahan karakter sama alur ceritanya

8. Strawberry On The Shortcake 

“Mana yang kau pilih? Makan strawberry-nya dulu atau cake-nya dulu?”. Salah satu dialog yang gw inget pas nonton ini drama sampe sekarang. Diangkat dari novel karya Shinji Nojima, SOS mengisahkan tentang kehidupan empat orang remaja yang berpusat kepada Manato Irie (Hideaki Takizawa). Manato sendiri tipikal remaja yang tidak punya gairah hidup alias biasa-biasa aja. Sehari-hari hanya diisi dengan belajar, belajar, dan belajar. Pokoknya membosankan banget deh. Selain itu juga dia tipe ‘anak baik-baik’ yang nggak pernah ngelanggar apapun.

Komentar : Dramanya emang udah lama tapi gua suka ceritanya tentang para anak SMU yg mencari jati dirinya.

9. 1 Liter of Tears

Drama ini merupakan kisah sebenar Aya yang berusia 15 tahun yang menghidap penyakit ataksia spinoserebelar dan meneruskan kehidupannya sehingga berusia 25 tahun. Skrip drama ini diambil dari catatan diari Aya yang ditulis sepanjang berperang dengan penyakitnya sehinggalah beliau gagal memegang pen.

Drama ini dimulakan dengan kehidupan baru Aya sewaktu melangkah ke semester baru. Dalam kegembiraannya, beliau mula mendapat beberapa kesukaran secara fizikal yang mana hanya disedari oleh ibunya. Walau bagaimanapun, suatu hari, beliau jatuh rebah di atas lantai dan ketika itulah, penyakitnya mula dikesan.

Kehidupan cinta pertamanya bersama Yuji musnah apabila Yuji seakan-akan tidak dapat menerima kenyataan bahawa kekasihnya cacat. Akibat herdikan rakan-rakan sekeliling, Yuji membuat keputusan untuk memutuskan hubungannya dengan Aya. Aya meneruskan kehidupannya dan bermulalah tarikannya kepada rakan sekelasnya yang pendiam tetapi mengambil berat akan dirinya, Haruto. Haruto terus-menerus memberi galakan kepada Aya untuk terus berjuang dan dalam diam, mereka berdua menyimpan perasaan terhadap satu sama lain. Percintaan mereka dihalang oleh ayah Haruto yang juga seorang doktor di hospital tempat Aya mendapatkan rawatan.

Komentar : AAAKKKK ini drama emang sesuai banget sama judulnya “1 galon air mata” dimabil dari kisah nyata dan emang sukses ngebawain penonton buat ikutan sedih juga dan saking terkenalnya ini dorama djiplak ama sinet Indo pas 2006 -_-

10. Sprout

Komentar : suka banget ini dorama meski gak sama persis sama kaya komiknya ceritanya mengalir sebenernya ceritanya udah ketebak tapi inilah jagonya jepang kalo bikin cerita alurnya dibuat menarik dan gak ngebosenin ditambah yg main ada Chinen yuri sama Jessie pula ><.

12. Waterpolo Yankees

Komentar : “ceritanya bagus apalagi ngeliat semangat Inaba Naoya (Yuto Nakajima) buat bikin klub Polo air di sekolahnya  ditambah 3 trio penggemar Idol yg bikin ngakak,,gua suka pengen ketawa ngeliat mereka pas pake celana renang kenapa gak pake yg agak panjangan dikit *jangan bentuk segitiga* upsss berasa liat Superman g pake celana panjangnya wkwkwkw btw ngeliat Yuto disini tambah tinggi aja jadi keinget Yuto pas main di Nobuta wo Produce yg masih bocah dan digendong sama kame ~kekekkek.

sebenernya masih banyak lagi dorama jepang bertemakan anak sekolahan yg gua suka tapi kita lanjut lagi lain kali😀

credit:wikipedia sinopsis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s