7 hal tentang Sailor Moon yang mungkin belum (mungkin juga sudah) kalian ketahui

31 Dec

Beberapa tahun silam, anime Sailor Moon pernah ditayangkan di Indonesia dan anime tersebut bisa dianggap cukup sukses dan memiliki banyak penggemar. Saat ini Sailor Moon telah dibuat ulang dengan nama Sailor Moon Crystal dan anime terbaru ini pun turut mendulang sukses. Bagi kalian yang mengaku sebagai penggemar berat Sailor Moon, coba simak 7 fakta berikut ini yang mungkin belum kalian ketahui, seperti dilansir dari AnimeNewsNetwork (27/12).

7. Para gadis Sailor Moon itu kaya raya

Distrik Juuban di Tokyo merupakan sebuah area yang nyata, dan dikenal sebagai daerah yang didominasi oleh orang-orang kaya. Rumah Usagi yang berlantai dua, yang berdiri di daerah dimana harga permeterperseginya sangatlah mahal. Ayahnya bekerja sebagai fotografer koran, dan ibu Ami merupakan seorang dokter yang cukup berhasil. Mako pun hidup di apartemen di area tersebut yang munkin dibiayai oleh asuransi jiwa orang tuanya. Kesimpulannya, tak dapat disangkal lagi jika gadis-gadis Sailor Moon itu sebetulnya orang berada.

6. Keluarga Tsukino

Keluarga Usagi, termasuk dirinya sendiri, Ikuko (ibunya), Kenji (ayahnya), dan saudara laki-laki bernama Shingo. Seluruh keluarga tersebut sebetulnya dinamakan berdasarkan anggota keluarga Naoko Takeuchi, pencipta Sailor Moon, dimana Usagi mungkin mewakili sosok sang pengarang.

5. Orang kaya menaiki mobil mewah

Dengan berasumsi jika Sailor Moon berpusat di tengah anak-anak kaya, tak heran jika mereka mengendarai mobil bagus. Mamoru Chiba terlihat mengendarai Alfa Romeo SZ dalam serial anime, walaupun pada satu waktu Takeuchi menggambarkan Mamoru sebagai Tuxedo Mask yang mengendarai Porsche 962 LM dalam salah satu art book-nya. Haruka Tenoh menaiki Ferrari 512M dalam beberapa artwork manga, begitu juga dengan memiliki sepeda motor, helikopter, dan mobil balap.

4. Grup penjahat

Semua penjahat dalam manga Takeuchi dan juga versi anime adaptasinya, memiliki tema yang sama. Batu dan mineral ditampilkan dalam kelima arc-nya, sementara season terbaru memiliki tema sekunder yang berasal dari mitologi Yunani. Takeuchi juga terlihat memasukkan beberapa unsur kimia dalam namanya, seperti Chiral dan Achiral. Ini semua masuk akal, karena Takeuchi merupakan apoteker berlisensi yang memiliki pendidikan dalam bidang Kimia.

3. Sailor Moon merupakan sebuah one-hit wonder?

Memanglah sulit untuk memasukkan serial ini dalam kategori “one-hit wonder”, namun pada kenyatannya, Takeuchi tak pernah membuat serial populer lainnya dalam kurun waktu 20 tahun sejak manga tersebut berakhir di tahun 1997. Bahkan, diluar Toki Meca!, yang mana hanya berjalan selama satu tahun mulai dari tahun 2005-2006, serial lainnya diluar Sailor Moon dibatalkan, termasuk kisah tentang alien perempuan yang berubah menjadi kecoak.

2. Semua prajurit Sailor yang aneh ada dalam drama musikal

Pemberian nama untuk para prajurit Sailor diambil berdasarkan planet-planet dan obyek nyata yang ada dalam Solar System, kecuali saat Sailor Stars muncul dimana beberapa planet fiktif mulai diperkenalkan. Serial SeraMyu bahkan lebih aneh lagi, dan beberapa nama aneh yang terdapat disana antara lain Shiva Shingetsu Astarte/Sailor Astarte dari Transylvania, yang muncul dalam drama musikal Transylvania no Mori – Shin Toujou! Chibi Moon wo Mamoru Senshi-tachi; dan Sailor Buttress, yang tampaknya dinamakan berdasarkan struktur arsitektural. Kisahnya sendiri terdapat dalam drama musikal Sailor Stars.

1. Film Sailor Moon Super S nyaris bertutur tentang kisah Sailor Uranus dan Neptunus

Sudah bukan rahasia lagi jika SuperS merupakan salah satu season yang paling populer, menurut rating di TV Jepang pada waktu itu. Kunihiko Ikuhara (yang menyutradarai episode R dan S), meninggalkan serial tersebut setelah SuperS dan kemudian membuat Revolutionary Girl Utena. Menjelang kepergiannya, Ikuhara menulis ide untuk film SuperS (yang menurutnya telah disetujui oleh produser) yang ternyata tidak digunakan. Dia membayangkan film tersebut sebagai kisah Sailor Uranus dan Neptunus saja, dimana Uranus telah mencuri

dari Sailor Moon dan teman-temannya untuk membangunkan Neptunus yang tidur di sebuah tempat yang disebut “Ujung Dunia”. Dia juga menyebutkan tentang adegan rodeo bersama 2 Pegasus. Hm, cukup aneh.

credit:japanesestation.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s