9 manga yang terus dibuat ulang lagi dan lagi (dan lagi)

31 Dec

Ada beberapa manga yang telah menyentuh banyak orang, yang akhirnya meledak hingga keluar Asia dan populer hingga ke berbagai negara. Beberapa manga begitu dicintai oleh pembacanya, dan akhirnya membuat para pebisnis terus menerus me-remake kisahnya lagi, dan lagi, dan lagi, hingga sampai pada satu titik yang membuat para non-penggemar merasa frustasi, sementara para penggemarnya terus berseteru untuk membuktikan mana yang terbaik. Dilansir dari Drama Fever (29/12), inilah 9 manga yang terlalu banyak dibuat ulang dalam berbagai versi.

1. Hana Yori Dango (Boys Over Flower)

Manga karya Yoko Kamio ini pertama kali terbit di Jepang pada bulan Oktober 1992. Sejak saat itu, serial ini telah diadaptasi dalam sebuah serial anime televisi (1996), sebuah film anime (1997), 2 film live-action (1995, 2008), sebuah drama Taiwan (2001), sebuah drama Indonesia (2002), drama Taiwan lainnya (2002), sebuah drama Jepang (2005), drama Jepang lainnya (2007), drama versi Korea (2009), dan akhirnya sebuah drama India (2014). Wow, sebuah daftar yang panjang! Itu belum termasuk dengan sebuah adaptasi versi Amerika, namun fans jarang menyebut yang satu itu.

2. Nodame Cantabile (Tomorrow’s Cantabile)

Manga karya Tomoko Ninomiya ini terutama menarik perhatian karena faktor pengembangan karakternya yang cukup realistik dibanding manga lainnya. Manga ini memiliki 2 serial manga, 3 drama televisi (termasuk versi Korea), 3 serial anime, dan 2 film live-action, dan tampaknya daftar ini masih terus berlanjut.

3. Itazura Na Kiss (Playful Kiss)

Saat Kaoru Tada memulai cerita ini pada tahun 1999, dia mungkin tidak tahu apa yang telah dia mulai. Namun manga ini kemudian menjadi begitu populer sekalipun kisahnya telah berakhir. Manga ini pernah diadaptasi menjadi drama di Jepang, lalu diadaptasi 2x oleh Taiwan, sebuah remake oleh Indonesia, lalu ke Korea Selatan (dan dibintangi oleh salah satu anggota F4), lalu sebuah drama Jepang lainnya yang kini diberi judul Mischievous Kiss.

4. Honey and Clover

Dari seluruh manga yang ada dalam daftar ini, mungkin manga ini termasuk salah satu yang memiliki kisah paling menyentuh. Mangaka Chica Umino berhasil membuat cerita yang kompleks dan akhirnya menarik perhatian banyak penggemar. Manga ini telah diadaptasi menjadi 2 serial anime televisi, sebuah film live-action, 2 drama televisi, dan sepertinya masih akan terus berlanjut.

5. Hana Kimi (To the Beautiful You)

Manga bertema gender bender ini pertama kali terbit pada tahun 1996 dan menginspirasi sebuah drama Taiwan tahun 2002. Empat tahun kemudian, kisahnya di adaptasi dalam drama Cina, kemudian di adaptasi menjadi drama Jepang setahun berikutnya, lalu menjadi drama Jepang lainnya 4 tahun kemudian, dan sebuah drama Korea.

6. Liar Game

Manga karya Shinobu Kaitani ini mengisahkan tentang sosok Nao Kanzaki yang naif dan mudah ditipu, yang akhirnya berujung dengan terlibatnya Nao dalam sebuah game berbahaya bernama “Liar Game”. Saat manga ini pertama terbit tahun 2005, kisahnya telah di adaptasi menjadi sebuah drama Jepang pada tahun 2007, lalu diikuti oleh drama kelanjutannya pada tahun 2009, dan film kelanjutan dari season 2 pada tahun 2010, diikuti oleh film lanjutan dari film lanjutannya pada tahun 2012. Cukup membingungkan ya! Itu belum termasuk dengan sebuah drama Korea yang dibintangi oleh Kim So Eun.

7. Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin, a.k.a Samurai X, bisa jadi merupakan salah satu kisah action yang paling populer, depresi, sekaligus paling dikenal dalam era modern ini. Manga karya Nobuhiro Watsuki ini pernah di adaptasi dalam serial anime televisi (95 episode), sebuah light novel, anime motion picture, sebuah film anime lainnya, sebuah remake dari arc kedua melalui sebuah film anime lainnya, 3 volume tambahan dari manga, 2 OVA yang tidak dibuat berdasarkan manga, dan 3 film live-action.

8. Initial D

Manga karya Shuichi Shigeno ini terbit sebanyak 48 volume yang berjalan selama 18 tahun. Waralaba ini akhirnya menginspirasi sebuah serial anime berjudul “First Stage”, sebuah serial anime berjudul “Second Stage”, OVA berjudul “Extra Stage”, film anime berjudul “Third Stage”, OVA berjudul “Battle Stage”, serial anime lainnya berjudul “Fourth Stage”, OVA lainnya berjudul “Battle Stage 2″, OVA lainnya lagi berjudul “Extra Stage 2″, serial anime lainnya berjudul “Fifth Stage”, lalu serial lainnya “Final Stage”, dan 2 film live-action yang untungnya tidak memiliki unsur “stage” pada judulnya.

9. Dragon Ball

512 chapter manga, 675 episode anime, 19 film anime, 4 television specials, 2 film pendek, 2 OVA, 2 educational shorts, 79 video game, 2 collectible card game. Dan, Frieza masih belum mati.

Adakah manga lain yang kerap di-remake berkali-kali yang belum masuk dalam daftar ini? Ayo, sebutkan judul lain yang kalian ketahui.

credit:japanesestation.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s